Laman

30 Mei 2010

Bekel
Tradiers!! Sekarang kita bahas permainan tradisional lain yang nggak kala seru.. Apa itu?? BEKEL.. Pada tau kan?? Bekel adalah salah satu jenis permainan tradisional dari Jawa Tengah. Bekel biasanya dimainkan oleh anak-anak perempuan berusia 7 -- 10 tahun dengan jumlah pemain 2 sampai 4 orang. Permainan ini bersifat kompetitif atau bisa dipertandingkan dengan aturan-aturan yang disepakati bersama.
Bekel ini dimainkan dengan cara bergantian menggunakan satu bola kecil dari karet dan enam bijinya. Tantangannya adalah mengambil atau mengubah posisi biji sambil memantulkan bola.

Sejarah:
Bekelan berasal dari bahasa Belanda, bikkelen. Bekel ini terdiri dari sebuah bola bekel dan lima buah biji bekel berbentuk logam. Ada yang terbuat dari kuningan, dan ada yang terbuat dari bahan timah.Pada awalnya biji bekel dibuat dari engsel tulang tumit kaki belakang domba. Sekarang dibuat dari logam. Bentuk biji bekel nyaris seragam di berbagai negara. Tidak mengalami perubahan sejak dahulu. Logam ini memiliki bentuk yang khas. Terdiri dari permukaan kasar yang ditandai dengan lubang-lubang kecil di permukannya berjumlah lima titik, permukaan halus yang ada tanda silang atau polos sama sekali, permukaan atas yang ada bintik merahnya, dan permukaan bawah yang tidak ada tanda catnya.


Cara bermain:
1. Bola dan biji bekel itu digenggam menjadi satu, kemudian bola dilempar setinggi kurang lebih 30 cm.
2. Setelah bolanya turun dan memantul, biji bekel dilepas dalam posisi acak, kemudian diambil satu per satu, dua-dua, tiga-tiga, dan seterusnya sampai habis.
3. Biji bekel yang sudah dilepas dari genggaman dibalikkan menjadi posisi: pit (bentuk seperti kursi), ro (kebalikan posisi pit), cin (singkatan licin yaitu posisi miring tanpa ada bintik di permukaan biji) dan peng (singkatan bopeng yaitu posisi miring dengan ada bintik di permukaan biji).Permainan akan dinyatakan berakhir/berhenti atau istilahnya mati, jika saat pengambilan biji bekel tangan si pemain mengenai atau menyentuh biji bekel yang lain.


Let's try it!!

5 komentar:

Lidya_Lie mengatakan...

wkwkwkwk dulu aku ya sueneng puol maen bekel wkwkwk. jd mengingat masa2 dulu hehehe n pengen maen lg.
thx2 buat postingannya heehee

Trady Games mengatakan...

yup2, bekel salah satu prmainan yg asyikk low..
tengkiuu juga bwt cmmentnyaa..

Lita mengatakan...

jadi mengingat dulu di masa2 smp suka maen ini sama temen2, sayangnya saya bodoh maen bekel nya, jadi kalah melulu, hahahahha

Unknown mengatakan...

hm...

Trady Games mengatakan...

gpp donk..
makin sering maen pasti makin ciamik maen'nyaa..
hehehe..
hmm..

Posting Komentar